Strategi dapat diartikan secara sederhana sebagai apa yan g akan dilakukan oleh sebuah organisasi. Adapun ciri-ciri strategi menurut Stoner dan Sirait (1996:140) adalah mempunyai :

1. Wawasan waktu, meliputi cakrawala waktu yang jauh ke depan, yaitu waktu yang diperlukan untuk melaksanakan k egiatan tersebut dan juga waktu yan g diperlukan untuk mengamati dampaknya.

2. Dampak. Walaupun hasil akhir dengan mengik uti suatu strategi tertentu tidak langsung terlihat untuk jangka waktu yang lama dampak akhir akan sangat berarti.

3. Pemusatan upaya. Sebuah strategi yang efektif biasanya mengharuskan pemusatan kegiatan, upaya atau perhatian terhadap rentang sasaran yang sempit.

4. Pola Keputusan. Kebanyakan strategi mensyaratkan bahwa sederatan keputusan tertentu harus diambil sepanjang waktu. Keputusan-keputusan tersebut harus saling menunjang artin ya mereka mengikuti suatu pola yang konsisten.

5. Peresapan. Sebuah strategi mencakup suatu spektrum kegiatan yang luas mulai dari proses alokasi sumber daya sampai dengan kegiatan operasi harian. Selain itu adanya konsistensi sepanjang waktu dalam kegiatan-kegiatan ini mengharuskan semua  tingkatan  organisasi  bertindak,  secara  naluri  dengan  cara-cara  yang  akan memperkuat strategi.